Senin, 18 Maret 2019

Dasar-Dasar Sistem Informasi Bisnis (Rangkuman Bab 1)

Nama : Nailul Mubarokah
NIM   : 111160850000047
 
BAB 1 
DASAR-DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS


A.      Pengertian Sistem Informasi
O’Brien (2014) mengartikan Sistem Informasi sebagai kombinasi teratur dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mentransformasi/mengubah dan menyebarluaskan informasi dalam sebuah organisasi. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam Sistem Informasi antara lain, seperti sinyal asap untuk komunikasi; katalog kartu di Perpustakaan; Tas buku, buku agenda, buku catatan dan map arsip; Mesin penghitung uang masuk di restoran cepat saji; dan buku besar akuntansi berbasis kertas (tradisional). Sistem Informasi juga membantu para manajer dan karyawan dalam menganalisis masalah, menggambarkan hal-hal yang rumit, serta menciptakan produk baru.
Sistem informasi berisi informasi-informasi penting mengenai orang, tempat/lokasi, dan hal-hal yang berkaitan dengan organisasi terkait atau lingkungan di sekitarnya. Informasi dapat kita artikan sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti dan fungsi bagi manusia. Sebaliknya, data dapat diartikan sebagai sekumpulan fakta mentah yang mewakili kejadian-kejadian yang terjadi dalam suatu organisasi sebelum diolah ke bentuk yang dapat dimengerti manusia (Laudon, 2017).
Laudon (2017) juga mendefinisikan Teknologi Informasi sebagai salah satu dari banyak perangkat yang digunakan manajer dalam mengantisipasi perubahan. Menurut O’Brien (2014) teknologi informasi meliputi kombinasi dari hardware komputer, teknologi software komputer, teknologi jaringan telekomunikasi dan teknologi sumber daya data.
Sedangkan Sistem Informasi Berbasis Komputer yaitu sistem informasi yang menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi di bidang hardware komputer, software, jaringan telekomunikasi dan teknologi manajemen data resources.

B.       Kerangka Kerja Sistem Informasi bagi Praktisi Bisnis
Kerangka konseptual sistem informasi yang dibutuhkan oleh praktisi bisnis meliputi 5 hal, yaitu:
1.       Konsep dasar sistem informasi
2.       Teknologi Informasi, antara lain meliputi hardware, software, jaringan, internet dan data.
3.  Aplikasi Bisnis, meliputi e-commerce, sistem pengambilan keputusan, supply chain management.
4.       Proses pengembangan Sistem informasi dalam bisnis.
5.    Tantangan Manajemen untuk mengelola secara efektif fungsi dari Sistem Informasi dan  Teknologi Informasi.

C.      Peran Sistem Informasi dalam Bisnis
Dalam bisnis, Sistem Informasi berperan untuk:
1.      Mendukung proses dan operasi bisnis
2.      Mendukung pengambilan keputusan bisnis
3.      Mendukung strategi untuk keuntungan kompetitif

D.      Tren dalam Sistem Informasi


E.       Peran e-bussiness dalam bisnis
Teknologi Informasi yang menjadi infrastruktur utama untuk mendukung aplikasi e-bussiness berperan sebagai:
1.         Merekayasa ulang operasi dan proses bisnis internal
2.         Mengimplementasikan sistem e-commerce, dan
3.         Meningkatkan kerjasama perusahaan
e-bussines sendiri didefinisikan sebagai penggunaan teknologi internet hingga ke pekerjaan yang berkaitan dengan internet dan pemberdayaan proses bisnis, e-commerce dan kerja sama usaha dalam sebuah perusahaan dengan para pelanggan, pemasok serta pihak-pihak lain. Penggunaan Internet dan jaringan baik Intranet maupun Ekstranet telah menjadi infrastruktur utama untuk mendukung aplikasi e-bussiness yang salah satunya untuk merekayasa ulang proses bisnis internal, disamping imlementasi e-commerce dan kerjasama di dalam perusahaan. Intranet yaitu jaringan seperti internet yang berlaku didalam perusahaan. Ekstranet merupakan jaringan antar organisasi /perusahaan yang bisa dijadikan sumber informasi antara perusahaan dengan para mitra/suplier (O’Brien, 2014).
Sedangkan e-commerce (electronic commerce) adalah pembelian, penjualan, pemasaran, pelayanan produk/jasa dan informasi melalui berbagai jaringan komputer seperti internet, intranet, ekstranet. Hal ini bisa mulai periklanan sampai customer support melalui situs web atau World Wide Web (www). World Wide Web adalah layanan yang disediakan Internet, yang menggunakan standar yang telah diterima secara internasional untuk menyimpan, mengakses ulang, mengatur format serta menampilkan informasi yang terdapat pada internet. (Laudon, 2017).

F.       Jenis-jenis Sistem Informasi
Jenis sistem informasi dapat diklasifikasikan sebagai sistem kegiatan operasi dan manajemen informasi.
1.         Sistem Pendukung Operasi
Sistem pendukung operasi menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal dan eksternal; namun, mereka tidak menekankan pada produk informasi tertentu yang dapat digunakan oleh manajer. Sistem ini antara lain meliputi:
a.        Sistem pengolahan transaksi
b.        Sistem pengendalian proses
c.        Sistem kerja sama perusahaan

2.         Sistem Pendukung Manajemen Informasi
Sistem pendukung manajemen yaitu ketika pencapaian sistem informasi berfokus pada penyediaan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer. Beberapa jenis sistem informasi utama yang mendukung berbagai tanggung jawab pengambil keputusan:
a.         Sistem informasi manajemen
b.        Sistem pendukung keputusan
c.        Sistem informasi eksekutif

G.      Tantangan Manajerial dalam Teknologi Informasi

1.         Tantangan Manajemen Sistem Informasi
Tantangan lain bagi manager dan praktisi bisnis adalah mengatasi masalah bisnis dengan mengembangkan solusi sistem informasi. Mereka bekerja sama dengan analis sistem informasi untuk mengembangkannya melalui proses meneliti, menganalisis, mendesain lalu mengimplementasikan dan memelihara sistem.
Contoh-contoh dari tantangan dan kesempatan yang dihadapi manajer bisnis dalam pengelolaan sistem dan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis, sebagai berikut:
 

2.         Mengembangkan Solusi Sistem Informasi
Pengembangan solusi sistem informasi yang berhasil bagi perusahaan bisnis adalah tantangan utama bagi manajer dan pelaku bisnis sekarang ini. Kebanyakan sistem informasi berbasis komputer disusun, dirancang, dan diterapkan menggunakan bentuk proses pengembangan yang sistematis.
Gb. Siklus pengembangan solusi sistem informasi

3.         Tantangan dan Etika Bisnis dalam TI
Berikut ini contoh beberapa tantangan etika yang harus dihadapi manajer bisnis yang menerapkan aplikasi utama teknologi informasi:

4.         Tantangan dalam Karier Teknologi Informasi
           Baik Teknologi Informasi maupun Sistem Informasi yang didukungnya telah menciptakan kesempatan karier yang menarik, menantang, dan menguntungkan bagi jutaan pria dan wanita diseluruh dunia. Namun baru-baru ini kecenderungan menurunnya perekonomian telah mempengaruhi semua sektor pekerjaan termasuk Teknologi Informasi. Terlepas dari hal itu, kesempatan bekerja dalam bidang sistem informasi sangat besar. Permintaan jaringan untuk memfasilitasi pembagian informasi, perluasan lingkungan klien/server, perkembangan e-commerce dan kebutuhan akan spesialis untuk menggunakan pengetahuan dan keahliannya untuk menyelesaikan masalah akan menjadi faktor utama dalam meningkatnya permintaan akan profesional di bidang Teknologi Informasi dan Sistem Informasi.





Sumber:
1.  O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
2. Laudon Kenneth C. dan Laudon Jane P. (2017). Sistem Informasi Manajemen: mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar